Selasa, 26 Desember 2017

Resensi Novel: Big Little Lies - Dusta-Dusta Kecil by Liane Moriarty


Judul: Big Little Lies
Pengarang: Liane Moriarty
Halaman: 512 
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama


Ini buku kedua karangan Liane Moriarty yang saya baca. Sebelumnya saya sudah membaca Husband's Secret

Oh iya sebelumnya, buku ini terkena insiden serius... kebasahan karena rumah saya kebanjiraan... hiiks... dan bukunya jadi jeleek... sebenernya dengan keadaan yang jelek itu, bikin saya males banget ngebacanya... bayangin aja buku tebal dengan penampilan kumal... huhu... tentu bikin malees banget liatnya.... 

Tetapi begitu saya baca dari halaman pertama... saya gak bisa berenti... dan ikut larut dalam cerita itu...

Berkisah tentang persahabatan 3 orang wanita: Madeline, Jane, dan Celeste. Mereka merupakan orang tua murid TK Pirriwee Public School.

Madeline merupakan wanita dominan yang ramah pada semua orang dan tidak takut konfrontasi.

Jane adalah ibu tunggal yang berjuang menjadi orangtua tunggal dari Ziggy-anaknya... anak yang berasal dari one night stand...

Celeste seorang yang cantik dengan anak kembar yang aktif... hidupnya tampak sangat sempurna karena memiliki suami tampan dan kaya.

Awal mula cerita seperti ada kematian... namun kita dibuat penasaran karena gak tau siapa yang mati itu.... sepanjang novel saya menebak-nebak siapakah yang mati dalam cerita ini... 

Kemudian cerita bermula di masa orientasi TK saat salah satu anak yang bernama Amabel (anak dari Renata-ibu dengan karir cemerlang) mengalami perisakan (Fyi perisakan = pem-bully-an, saya juga baru tahu ini... hehe di novelnya pake bahasa perisakan- dan kurang populer di Indonesia). Dan ketika ditanya siapa yang melakukan perisakan, Amabel menunjuk Ziggy (anak dari Jane). Disinilah kemudian terjadi pepecahan kubu... 

Sebagai teman baru Jane, Madeline tentu sangat membelanya, apalagi setelah Jane menolongnya karena cedera kaki yang dialami Madeline saat mengantar anaknya ke sekolah. Dan kesetiakawanan itu pun diikuti dengan Celeste. Mereka membela Jane habis-habisan, apalagi dengan adanya petisi untuk mengeluarkan Ziggy dari sekolah karena diduga melakukan perisakan walaupun belum ada bukti.

Sebenarnya cerita novel ini tidak hanya berkutat di masalah perisakan saja. Itu hanya salah satunya... Di novel ini diceritakan bagaimana sulitnya menjadi seorang ibu. Banyak ilmu parenting yang bisa diambil. Disini digambarkan bagaimana kekhawatiran Madeline karena anaknya yang ABG lebih memilih tinggal dan memuja ibu tirinya... dan bagaimana traumatiknya Jane karena menjadi korban kekerasan seksual sekaligus harus menjadi ibu tunggal...

Selain itu kehidupan rumah tangga yang tampak dipuja banyak orang ternyata sangat bobrok di dalamnya... Celeste yang memiliki kehidupan yang tampak sempurna ternyata mengalami KDRT. Dia bukan orang yang tidak berpendidikan, malah background sekolah hukum sudah dikantonginya, namun tetap sulit untuk membebaskan diri dari KDRT yang dialaminya... 

Ya, novel ini bukan novel misteri... adanya kematian hanya sebagai daya tarik saja... haha... genre novel ini lebih ke novel keluarga...

Menurut saya novel ini sangat menarik... bahasanya yang ringan membuat saya sulit berhenti membaca... padahal bukunya tebal sekali (ditambah kumal hihi)... tapi tanpa sadar saya sudah sampai di akhir bukunya...

Saya beri novel ini 4 bintang dari 5... 

Oh iya, novel ini dibuat mini series-nya dan ditayangkan di HBO... nah yang main:
Reese Witherspoon sebagai Madeline
Nicola Kidman sebagai Celeste

Shailene Woodley sebagai Jane

Menurut saya yang agak kurang cocok adalah yang main Jane... soalnya digambarkan di novelnya dibilang kurus banget... tapi nyatanya disini pemainnya chubby2 gitu... hehe...

Saya baru nonton mini seriesnya yang pertama dari 7 episode, itu pun baru setengah jalan... jadi belom bisa ngasih penilaian apa-apa (sok kritikus film banget haha...)..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar