Minggu, 17 Desember 2017

Review Film: Murder On The Oriental Express


Sebagai pembaca setia novel Agatha Christie, saya lumayan penasaran dengan film ini. Namun ekpektasi saya gak tinggi-tinggi amat, mengingat saya banyak dikecewakan dengan adaptasi film dari novel yang novelnya sudah saya baca. 

Dalam bayangan saya film ini akan serupa dengan film sherlock holmes yang lumayan berat... dan pusiiing mikirnya, karena alurnya loncat-loncat dan bikin bingung... 

Tapi ternyata, film ini dikemas cukup ringan... alurnya jelas... penokohannya jelas... latarnya jelas... so film ini mudah dicernak... (makanan kali... hehe)

 Bercerita tentang Hercules Poirot seorang detektif handal yang sebenernya udah mau pensiun dari nanganin kasus-kasus... dihadapkan pada kasus pembunuhan di sebuah kereta api jarak jauh. Ditengah perjalanan, Mr Ratchett seorang pengusaha kaya yang diperankan oleh Johnny Depp dibunuh. Pembunuhan terjadi di kamar keretanya dengan banyak tusukan pisau yang tidak beraturan... 

Nah masalahnya setelah ditelisik, ternyata semua penumpang dalam kereta itu punya motif untuk membunuh dan Mr Ratchett memang sosok yang "dunia lebih baik tanpanya" alias jahaat...

Hercules Poirot pun harus menangani kasus ini. Dan ini merupakan kasus yang pelik bagi dia... 

Di film ini Poirot diperankan oleh Kenneth Branagh. Sesuai sih sama yang saya imaginasikan dalam novel-novelnya. Tapi bagi saya karakternya kurang "Poirot benget".


Kan Poirot digambarkan angkuh... PDnya tinggi... Sok kepinteran dan emang pinter banget. Tapi di sini diperlihatkan sisi melankolis poirot... dan ini terlalu banyak... jadinya merusak citra Poirot yang saya sebutkan diatas... Apalagi pas adegan ngomong sendiri di depan foto mantan pacarnya... aduuuh itu bukan Poirot yang saya kenal dalam novel (entah memang klo ada di salah satu novelnya yang poirot melow2 begitu berarti saya belum baca).

Kayanya kok jadi rasa PDnya kurang... dan keangkuhannya cuma tercermin dari kata-kata yang ia ucapkan dalam beberapa adegan tapi tidak terinternalisasi di karakternya...

Jadi menurut saya... Film ini it's ok lah ya, meski sedikit kecewa dengan karakter poirot... tapi dari segi cerita cukup mengalir dan tidak membosankan... 

Saya kasih bintang 3,5 dari 5 untuk film ini...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar