Senin, 08 Januari 2018

Resensi Buku: Kucing Di Tengah Burung Dara By Agatha Christie

Judul: Kucing Di Tengah Burung Dara
Pengarang: Agatha Christie
Halaman: 384
Genre: Misteri
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Novel karangan Agatha Christie kali ini mempunyai cerita yang cukup kuat.

Pangkal cerita bermula di suatu negara bernama Ramat yang dipimpin oleh Ali yusuf. Ali Yusuf sudah tahu akan terjadi revolusi di negaranya cepat atau lambat karena ketidakpuasan terhadap pemerintahannya, oleh karena itu ia menghubungi sahabatnya Bob Rawlingson yang merupakan pilot pribadinya untuk bersiap melarikan diri. Namun, Ali Yusuf sadar bahwa melarikan diri dari Ramat bukan perkara mudah dan mungkin saja akan gagal. Oleh karena itu, Ali Yusuf menitipkan harta berharga  kepada Bob berupa permata-permata untuk bisa dilarikan ke luar negeri yang selanjutnya dapat digunakan sanak keluarganya disaat-saat genting.  

Bob mencari akal untuk melarikan batu-batu berharga tersebut, dan terpikir olehnya untuk menitipkan kepada kakaknya- Mrs Sutcliffe yang sedang berkunjung ke Ramat bersama anaknya- Jennifer. 

Dan seperti diduga, Ali Yusuf dan Bob meninggal di pesawat yang akan membawanya keluar Ramat. Pesawatnya ditemukan meledak.

Kemudian setting berganti ke sebuah sekolah wanita bergengsi bernama meadowbank.

Hari pertama semester baru dimulai, murid-murid baru mulai datang ke Meadowbank, diantara murid-murid tersebut adalah Putri Syasya yang merupakan keponakan Ali Yusuf dan Jennifer yang merupakan keponakan Bob.

Terdapat dugaan permata-permata warisan Ali Yusuf berada di Meadowbank dan membuat terjadinya 3 pembunuhan dan satu penculikan. 

Bermula dengan terbunuhnya guru olahraga di pavilliun olahraga dengan tertembak, kemudian terbunuhnya guru yang digadang-gadang menjadi kepala sekolah Mrs Vensittart dan kemudian guru bahasa perancis, dan juga penculikan Putri Syasya.

Keadaan kian mencekam dan salah satu murid bernama Julia Upjohn mencium gelagat yang tidak beres dan dengan cemerlang menghubungi Hercules Poirot untuk menyelidiki permasalahan yang terjadi di Meadowbank. 

Menurut saya novel Agatha Christie ini cukup runut dan mudah untuk diikuti. Meski banyak tokoh-tokohnya, gak membuat bingung. 

Misterinya juga cukup mencekam dan bikin penasaran. Saya gak akan sadar kalau itu kasus Poirot kalau gak disebutkan di ringkasan cerita, karena Poirot munculnya dibelakang banget... kaya cuma sebagai figuran yang menyelesaikan masalah aja... haha... 

Overall novel ini worthed untuk dibaca dan saya kasih nilai 3,5 dari 5 bintang.... Dua jempol untuk rasa penasaran yang ditimbulkan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar