Rabu, 24 Mei 2017

Bonn, Kota Multikultur yang Bersahaja (Part 1)

Dimanakah Bonn???

Bonn merupakan nama salah satu kota di jerman. Memang Bonn tidaklah seterkenal Berlin, Munich, atau Frankfurt. Namun Bonn mempunyai sejarah yang tidak bisa dilupakan.
Terletak di tepian sungai Rhein, Bonn sempat menjadi ibukota Jerman Barat sejak tahun 1949 sampai dengan 1990 dan menjadi pusat pemerintahan setelah bersatunya Jerman dari tahun 1990 s.d 1999. 

Pada pertengahan Mei 2017 kemarin, saya berkesempatan untuk mengunjungi Bonn dan tinggal selama 7 malam. Dan kesan saya sangat mendalam (maklum lah norak karena baru sekali ke Eropa... hehe).. 

Karena hanya 7 malam, pandangan-pandangan yang saya jabarkan mengenai kota Bonn mungkin absurd dan gak sesuai dengan pandangan mereka-mereka yang harus tinggal dan mukim disana. Saya kesana untuk menghadiri konferensi perubahan iklim UNFCCC. 

Jadi bagaimana kesan saya?

Saya sangat terkesan dengan kebersahajaan kota ini. Saya menginap di daerah Bad Godensberg.

kalau di peta terletak di sebelah selatan. Dan Alhamdulillah saya mendapat penginapan yang tidak mengecewakan. Saya sangat galau mengenai penginapan ini, awal mula saya membooking sebuah penginapan bernama 
A&S Ferienwohnungen Roonstraße , meski testimoninya lumayan bagus, ada ganjalan karena saya harus sharing kamar mandi... Harga memang murah sekali, tapi saya berfikir bagi perempuan berhijab dan harus menginap sendirian, bagaimana bisa saya sharing kamar mandi, bahkan dengan kondisi teman-teman penginapan yang saya tidak tahu sama sekali (ditambah tengah malam saya suka terbangun untuk buang air kecil... serem lah... hehe). Hingga detik-detik akhir saya sangat galau sekali, tiap hari saya cek web booking.com dan penginapan yang ada tinggal yang mahal-mahal saja (event UNFCCC mungkin yang membuat hampir semua penginapan di kota bonn penuh semua, maklumlah dari seluruh penjuru dunia hadir, bahkan ada dari negara-negara yang saya belum pernah dengar namanya).

Hingga akhirnya doa saya terkabul, muncul di web hotel yang lokasinya memang saya mau, dan harga meski agak mahal masih reasonable lah.... tanpa buang waktu saya langsung mem-booking. dan saya jatuh cinta dengan penginapan ini. Namanya Villa Flora Hotel. Bisa di cek foto-fotonya di booking.com, karena saya lupa untuk memfotonya. 

Meski penginapannya terletak jauh di dalam komplek perumahan dan sulit mengakses supermarket or tempat makan, namun saya suka sekali lingkungannya. Sangat damai.... Untuk ke stasiun saya harus berjalan kurang lebih 800 meter. But It's ok, karena ngelewatin rumah-rumah bergaya jerman, yang bikin saya pengen ngintip-ngintip ke dalam. 

Penginapannya memang seperti bangunan lama. Awal saya masuk sepertinya kok seram, kaya film-film vampire gitu deh... hehe... tapi ternyata pas di kamar saya merasa homy banget... dan saya gak takut jg kok... Bersih soalnya, dan dapat sarapan pagi yang lumayan sehat seperti roti dan sereal, ada juga sih ham-ham an tapi saya gak mau makan lah karena gak halal. So bagi yang masih bingung cari penginapan di daerah bonn terutama sekitar bad godensberg, silahkan cek melalui booking.com Villa Flora Hotel. Kamarnya cuma sedikit, katanya cuma 9 apa 8 kamar gitu... kayanya sih bekas rumah cuma di re-build jadi penginapan semi hotel gitu... 
Kalo jalannya begini siapa yang gak betah jalan kaki
pengen tinggal disitu kan...
taman kompleknya...





2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum
    Saya juga sangat ingin ke Bonn . AAaamiiin !
    Salam dari kota Pontianak - Kalimantan Barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam... iya... semoga bisa kesana... amiin

      Hapus