Rabu, 24 Mei 2017

Bonn, Kota Multikultur yang Bersahaja (Part 2)

Setelah mendapat penginapan yang memuaskan, saya juga terkagum-kagum dengan orang-orang disana. 

Saya awalnya sangat paranoid, takut mendapat perlakuan rasis karena saya berhijab... dan ternyata disana bukan hal aneh melihat wanita-wanita berhijab. Daerah bad godensberg tempat saya menginap di Kota Bonn ini banyak orang-orang imigran dari timur tengah. So, saya merasa save untuk jalan sendiri (yang awalnya saya ragu banget). Dan ditambah banyak tempat makan turki yang tentu saja halal. Tapi ya harganya lumayan lah... makanya kalo mukim di sana mending sering-sering masak lah... bangkrut juga kalo jajan melulu. 


Nasi Goreng + Ayam di Zentrum Bonn
Nasi ini gak gitu enak, nasi gorengnya rasa saus tomat dan ayamnya asin banget... hehe beli di Zentrum, di Bonn. Harganya gak tau deh, karena ditraktir... hehe


nasi+ayam turki
Yang ini baru enak, ayamnya besar dan lembut. Nasinya juga rasa nasi goreng yang gak gitu aneh. Belinya di daerah Koln, dekat katedral Koln... harga satu porsi itu 10 euro ya kalo dikali Rp 15 ribu ya 150 ribu lah ya... hehe... (dan makannya tetep dengan abon cabe)...

Jerman ternyata tak se asing yang saya pikirkan setidaknya banyak muslim disana.... Saya sempat tersasar, dan betapa baiknya ketika saya bertanya dengan seorang wanita berjilbab keturunan Irak yang mengantar saya hingga ketujuan, meski cuma naik tangga aja sih... hehe..

Ada beberapa kultur yang bikin saya shock disana... tapi bukan karena shock ngeri, tapi shock karena kagum, diantaranya yang saya ingat:

  1. ketika perlintasan kereta tertutup yang artinya kereta mau datang. Gak pake bunyi apa-apa (kalo di Indonesia kan ting tong-ting tong) dan mobil-mobil berhenti... dan biasanya plannya ketutup lumayan lama, maka si mobil mematikan mesinnya... sunyi sepi deh... amazing... 
  2. Di jerman, anjing besar-besar biasa terlihat dibawa jalan-jalan dan bahkan masuk kereta or busnya... dan tiketnya juga beli lho untuk binatang peliharaan.... 
  3. Pada saat saya ke jerman, magrib baru jam setengah 10 malam, jadi sampai jam 8 malem pun masih terang benderang... eh di samping hotel sebuah keluarga makan malam di kebun... so sweet banget... (padahal di Indonesia juga banyak haha... )
  4. Kalo kita nyebrang di zebra cross, meski gak ada lampu lalu lintas, mobil akan mempersilahkan kita nyebrang dulu lho.... bukannya di klaksonin kaya di sini sambil diteriakin "matanya kemana!!!" haha...
  5. Transportasinya nyaman dan tepat waktu... gak ada macet (orangnya dikit kali ya), pernah kereta bermasalah langsung pindah jalur dan gak gitu lama penyelesaiannya... dan sepenuh-penuhnya kereta disana tetap tertib dan gak rempong kaya di Jakarta...
  6. Air bisa minum langsung dari kran washtafel kamar mandi... awalnya sempet ragu langsung minum, jadi nanya dulu ke owner hotelnya dan dia langsung bilang kalo jerman salah satu negara yg punya air paling bagus... 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar