Rabu, 15 Januari 2020

Resensi Buku: Algoritme Rasa by Pradnya Paramitha

Saya lagi kecanduan baca novel metropop... haha... padahal biasanya saya memandang novel-novel beginian hanya sebelah mata dan menganggap menjual mimpi saja... tapi ternyata novel-novel genre ini mengalihkan dunia saya, bikin saya ngerasain romantisme yang udah lama ilang *apaan sih hihi... yang terpenting bikin saya gila baca *hoho pencapaian yang luaaar biasa... 

Jadi novel ini tentang apakah?

Tentang Junia Padma, cewe programer di perusahaan IT, tapi gaul, necis, dan pokoknya jago dandan n stylish abis... beda ama generalisasi orang-orang IT yang kaku dan cupu...

Tiba-tiba Bhisma seorang kurator seni dan arsitektur datang dalam hidupnya... Bhisma adalah mantan pacar sahabat Juni, Sandra. Dan bersama Juni, awalnya Bhisma ingin minta bantuan agar bisa balik lagi menjadi pacar Sandra. Juni pun menuruti karena dia sebal dengan tunangan Sandra yang brengsek... 

Hubungan Bhisma dan Juni pun menjadi dekat... mereka berbagi cerita keluarga dan traumatis hidup... namun tidak se-simple itu ternyata ada sesuatu antara Bhisma dan Sandra yang membuat juni maraah.... apakah itu... silahkan baca sendiri ya..

Overall novel ini sangat menghibur... bayangkan saya bisa membaca dalam 1 hari untuk novel 400 halaman lebih ini... sakti sekali berarti ceritanya... penokohannya mendalam sekali, meski bukan yang bikin saya jatuh cinta...  dan cewe IT itu keren banget lho digambarinnya... kerja siang malem dan tak mengenal weekend... huah luar biasa sekali kan.. makanya katanya pekerja di bidang IT itu memiliki gaji yang tinggi...

Karakter Juni digambarkan sebagai orang yang pede abis, tapi gak peka banget... dia punya trauma masa lalu sehingga sulit untuk mempertahankan komitmen.. makanya klo ada cowo ngedeketin dan ngajak nikah, dia malah kabuur. Nah ketika Bhisma datang dihidupnya, traumatis Juni bisa disembuhkan dan mereka mulai berbagi hidup... 

Karakter Bhisma juga biasa aja... selain bisa apapun di dunia seni... yang bikin berdecak kagum.. rasa-rasanya karakternya gak terlalu menonjol...

Yang rada kurang sreg adalah seringnya latar story yang ada di tempat clubbing... jadi gimana gitu... *haha ngiri aja kali saya karena belom pernah clubbing... huhu... gak sih wong ke mall klo rame aja saya males, maklum orang introvert buangeet..

Meski karakter tokoh utamanya biasa saja, saya terhanyut dengan ceritanya... seperti yang sudah saya bilang diatas, novel ini bikin romantisme saya yang udah lama hilang muncul lagi... hihi... rasanya kangen aja rasa jatuh cinta, di pedekatein orang dan deg-deg-an liat cowo yang kita suka... iya kan...  

Pesan dalam novel ini juga kental banget... bagaimana traumatis seseorang dimasa lalu bisa membentuk karakter seseorang dimasa sekarang... disini kita diajarkan arti keluarga, arti cinta yang tidak bisa dilogikakan, dan memaafkan diri sendiri... So saya sangat merekomendasikan novel ini dibaca dikala senggang... dan untuk teman-teman yang lagi suntuk bisa baca genre metropop agar mengembalikan rasa-rasa romantisme dalam diri... Saya kasih nilai 3,5 dari 5 bintang untuk novel ini...









Tidak ada komentar:

Posting Komentar