Kamis, 27 September 2018

Kenapa Suka Baca Novel Fiksi???


"Apa sih yang disenengin dari baca novel-novel fiksi begitu??? mana tebel banget lagi..." itu pertanyaan suami saya yang menohok banget... haha... tentulah sebagai pecinta novel fiksi kaget dengan pertanyaan begitu... pengennya mah bilang, "Masa sih lo gak tau???!!!" sambil mata zoom in zoom out... haha... tapi tentulah si suami yang demennya baca buku fikih or buku imam al ghazali yang rata-rata tentang Tazkiyatun Nafs (membersihkan jiwa).... atau gak main hape... 😅 gak bakal ngerti keasyikan baca novel-novel fiksi itu... saya bahkan jarang menamatkan bacaan-bacaan non fiksi... apalagi baca kitab kuning... haha... pingsan kaliii... 😅😅...

Tapi pertanyaan itu bikin saya jadi tergelitik ngebahas deh... sungguh saya kira semua orang di dunia ini pastilah suka novel fiksi... dan saya baru tersadar gak semua orang suka baca novel fiksi, bahkan gak semua orang suka baca.. bagaimana bisa ya... 😅😅... mungkin metaforanya sama seperti seseorang yang suka coklat memandang kok bisa ada orang di dunia ini yang gak suka coklat... haha...

So ketika saya harus menjabarkan kenapa bisa suka novel fiksi, agak sulit juga ya... kalo mo pendek jawabannya ya "Karena suka aja... titik... 😂... tapi kalo penjelasannya begitu kan jadi gak asyik ya...

Jadi Begini....

Saya suka membaca novel fiksi ya karena saya seakan masuk ke kehidupan orang lain.... menjalani kisah-kisah si tokoh utama di novel... tinggal ditempat yang belum pernah saya kunjungi... berteman atau menjalin hubungan dengan orang-orang yang belum pernah ada dikehidupan saya... Ya gitu deh.... Pacaran dengan cowo impian... haha... dan berakhir bahagia seperti yang selalu diidam-idamkan... iya kan... *dengan catatan ini buku-buku yang berakhir happy ending... 😂

Tapi yang pasti, sebenarnya dengan membaca novel, imaginasi kita dilatih... dan lagi kita bisa mengambil pelajaran dari kehidupan-kehidupan menyedihkan yang gak perlu kita lalui atau kesalahan-kesalahan yang gak perlu kita buat dulu...  iya kaan...

Sama seperti orang hobi bermain game atau nonton drama korea (gw banget..) baca novel fiksi juga merupakan hiburan yang meredamkan stress... Saya akan sangat bahagia menemukan buku-buku fiksi namun syarat makna.... tapi saya bisa misuh-misuh gak jelas dengan novel yang unpredictable or bahkan mengecewakan...

Dan saya bahkan baru tersadar saya seringkali memiliki pengetahuan umum yang orang lain gak tau.... kadang saya juga mikir tahu dari mana saya tentang info tersebut... dan setelah pemikiran panjang, ternyata saya tahu karena pernah membaca suatu novel...

Yup... secara gak langsung saya merasa mendapat banyak manfaat dari membaca novel... ya paling gak stres saya berkurang lah... dan oh iya... membaca kan mengurangi potensi kepikunan lho... 

So... yuk mari gemar membaca... 




2 komentar:

  1. Saya jg suka banget baca novel fiksi ama drakor..tp suami saya jg g suka.pernah saya suruh baca novel ata nonton drakor..eeh dianya pilih kabur...hahahay

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitu deh ya... hobi orang beda-beda kan... hehe

      Hapus